Teknologi Canggih Printer 3 Dimensi yang Dapat Mencetak Makanan Otomatis

Posted by Unknown 23 August 2014 0 comments
Sebuah printer 3 dimensi makanan terdengar seperti sesuatu dari Star Trek, tetapi ini bukan di luar dari dunia ini. Produk ini sedang “in” dan berjalan di French Culinary Institute di Manhattandan dalam lima tahun, bisa saja dapat ditemukan di rumah Anda. Sebagai bagian dari proyek di Cornell University, sekelompok ilmuwan dan mahasiswa membangun sebuah printer 3 dimensi dan mulai mengujinya dengan makanan. Perangkat disambungkan ke komputer yang akan bekerja sebagai “otak” dibalik teknologi itu.
Benda itu tidak terlihat seperti tradisional printer, melainkan lebih seperti mesin fabrikasi. Para pengguna mengisi jarum suntik printer dengan bahan baku makanan. apapun yang memiliki konsistensi cair, seperti coklat lembut contohnya. Jarum suntik yang diisi dengan bahan baku makanan tersebut selanjutnya akan “mencetak” hiasan pada cupcake. Atau akan mencetak sesuatu yang lebih baru dengan bentuk asli 3 dimensi.
“Anda memasukkan tiga bits info ke dalam computer dengan bentuk yang Anda inginkan, deskripsi tentang bagaimana bentuk itu dapat dibuat, dan deskripsi tentang bagaimana material yang Anda inginkan untuk di cetak tersebut untuk menghasilkan sebuah karya”, kata Jeff Lipton, seorang mahasiswa pascasarjana Cornell yang bekerja pada proyek printer 3 Dimensi ini.

Sejak Tahun 2005
Proyek ini keluar dari Fab@Home venture milik Cornel, dipimpin oleh profesor Hod Lipson. Dimulai pada tahun 2005, proyek ini bertujuan untuk membuat do-it-yourself versi mesin-mesin yang dapat memproduksi objek kustom sesuai permintaan. Kelompok ini mulai bereksperimen dengan fabrikasi makanan pada tahun 2007. Lipton berpikir bahwa percetakan makanan akan menjadi inovasi dari percetakan 3D. Sama seperti video games yang memicu permintaan untuk dapat ditemukan di personal computers 30 tahun yang lalu, dia berpikir bahwa iming-iming untuk dapat makan kue dari resep nenek dari sebuah printer 3 Dimensi akan membantu personal fabricators untuk memperluas karya mereka hingga ke produk makanan.
David Arnold, direktur teknologi kuliner di French Culinay Institute, telah menguji teknologi tersebut sejak bulan Oktober 2009. Dia menyukai eksperimen ini dan dapat membuatnya menjadi kenyataan. “Salah satu dari hal utamanya adalah saya berharap printer 3 Dimensi ini dapat membiarkan kami membuat tekstur-tekstur baru yang kami tidak dapat temukan sebelumnya”, katanya. “Ini pertama kalinya saya benar-benar melihatnya terjadi”.

Akankah Benar jadi Kenyataan?
Printer 3 Dimensi itu dapat menarik minat para koki dan pemilik-pemilik restoran. Tetapi Arnold juga berpikir bahwa sebuah printer makanan 3D akan memiliki daya tarik massa. Alat ini bisa menjadi mesin pencetak Cookies yang sangat baik. Manusia hanya memikirkan tentang bahan dan bentuknya saja, maka mesin ini yang mengambil alih untuk pembentukan dari bentuk yang diinginkan. Printer ini dapat melakukan itu dengan baik dan luar biasa. Alat ini juga dapat membantu para koki atau pembuat kue untuk membuat dekorasi-dekorasi pada makanannya.
Karena ini masih merupakan proyek akademik maka printer 3 Dimensi untuk membuat makanan ini belum tersedia untuk komersial saat ini. Proyek Fab@Home memiliki blueprints gratis secara online, dan mendedikasikan hal tersebut untuk hobbyists agar mereka dapat membangun printer ini seperti yang mereka inginkan. Satu pengecer, nextfabstore.com, menawarkan versi rakitannya untuk dijual harganya dimulai dari $ 3.300.
Seorang pengusaha Jamil Yosefzail berencana untuk berada di garis depan untuk mengkomersialisai teknologi tersebut. Startupnya berbasis di New York, Essential Dinamics, bekerja pada sebuah versi yang nantinya dapat di jual kepada para pelanggan yang memiliki potensi “gelombang pertama” yakni para chefs dan para pengadopsi awal teknologi. Seandainya Printer 3 Dimensi ini akan segera diproduksi secara massal, maka siapa pun akan tertarik dengan alat ini. Para Ibu Rumah Tangga mungkin akan melengkapi dapurnya dengan alat yang canggih ini. Karena tidak dipungkuri bahwa Ibu Rumah Tangga pastinya sangat sering membuat kue dan sangat ingin untuk menghiasnya dengan sangat indah, maka alat ini akan membantunya. Para peneliti mengungkapkan bahwa alat ini akan menjadi peralatan rumah tangga dalam satu dekade ke depan.

Printer 3 dimensi ini menawarkan kemudahan kepada setiap orang yang menggunakannya ke depannya. Sehingga siapa pun dapat menggunakan alat ini, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dapat menggunakan alat ini. Dan mungkin ke depannya anak Anda dapat membuat coklat sendiri dengan bentuk yang diinginkannya pada printer 3 Dimensi ini.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Teknologi Canggih Printer 3 Dimensi yang Dapat Mencetak Makanan Otomatis
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap tidak merubah dan menyertakan link ke https://kursusgratisprinter.blogspot.com/2014/08/teknologi-canggih-printer-3-dimensi.html. Terima kasih sudah berkunjung membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Support Tutorial Service Printer | Copyright of Tutorial Gratis Service Printer